Syahnya Talaq


 webmaster    25 Nov : 00:22
 None    Tanya-Jawab

Pertanyaan :

Pertanyaan :
Ceritanya seperti ini:
2 hari setelah saya menikah, mantan saya ( bekas pacar ) saya menelpon dan sms pada istri saya. dia menjelek2kan saya,sewaktu saya masih jadi pacarnya.dia amat cemburu saya telah menikah. memang sengaja saya tidak memberitahukan sebelumnya karena saya akan menikah.Karena memang kami sudah tidak ada hubungan apa2 lagi. sebetulnya dia tahu kalau saya sudah dapat calon. hanya dia meminta untuk menunda pernikahan saya.Saya dibuat naik pitam karena dia sms,dan menelpon istri saya,

disitu dia cerita semua hal2 saat dia masih bersama saya, dan hal2 buruk tentang saya juga dibeber2kan pada istri saya.Terus2san dia menteror sitri saya siang dan malem. Dia tampaknya sengaja berbuat demikian agar istri saya benci pada saya.Terang saja saya kawatir hal ini terjadi.Memang dia sengaja mebuat suasana panas agar km tidak saling percaya dan saling suudzon.Mungkin puncaknya harapan dia agar km sampai bercerai (Naudzubillah min dzalik).Pada suatu ketika saya terlibat pembicaraan mengenai mantan saya itu dengan istri saya.Saya sempet dibuat naik darah dengan sms2 mantan saya itu, rasa benci,sebal, luapan amarah jadi satu.Rumangsone dia itu masih berharga dimata saya, anggapan dia mungkin saya masih ketergantungan dengan dia. padahal sebaliknya saya sudah tidak sudi lagi dengannya, bahkan untuk bertemu dengannya saya, melihat wajahnya saja saya muak. Sampai pada saat itu saya berkata

" Seandainya dia(istriku) itu benci padaku( karena sms2 dan terornya), (*) aku tidak akan kembali(sambung lagi) denganmu(mantan)"

* lalu aku menceraikan dia ( dalam hati )

Pada saat aku mengucapkankan kata tersebut,tidak ada niat dihati untuk menceraikan dia saat itu juga dg kata2 tersebut.

karena mantan(bekas pacar saya) itu amat membuat saya marah dengan ulahnya sampai saya harus berkata seperti itu

Namun belakangan kenapa dihati saya selalu ada bisikan atau unek2 bahwa kata2 tersebut berlaku dan sah bahwa saya telah menceraikan istri saya.Saya amat terganggu dan gelisah. saya dihantui rasa2 waswas.Saya tidak bisa lepas atau rilex untuk sekedar bersikap mesra dengan istri saya.Saya jadi tidak tenang dalam ibadah.
Saya sampai berpikiran apa saya harus rujuk??

Mohon beri penjelasan mengenai hal ini sedetail2nya....
Ajkk
[Dikirim oleh : OKt (202.93.242.203) (20-11-2005)]

Jawab:
Hukumnya masih syah sebagai suami istri. Kalimat thalaq itu harus
diungkapkann secara dhahir, missal dengan ucapan baik main-main atau
serius, pakai surat, pakai SMS, titip pada orang dsb.
Kalau masih dalam hati tidak dihitung sebagai amalan (lihat al baqarah
terakhir).

M. Luthfi, Hasim



3 Comments

  • sedutsenut
    12 years ago

    pertanyaan saya, seandainya kalimat talaq tsb hanya menggumam/lisan (dengan niat) tetapi di saat sendiri (tanpa istri/org lain) apakah syah?

    0 0
  • dede
    12 years ago

    semuanya tergantung niatnya.dihadis termidzi: ada rojul melapor pd nabi bhw dia menceraikan istrinya dgn talaq 3.lalu nabi bertanya niat kamu bagaimana waktu mentalaq istrimu? rojul berkata, talaq 1.nabi bertanya lagi, demi alloh? rojul menjawab demi alloh. nabi kmd bersabda hukumnya sesuai dengan apa yg kamu kehendaki.(sesuai niatnya).
    jadi walaupun terucap talaq 3 tp niatnya talaq 1 mk yg dihukumi adalah talaq 1.
    klo masih dalam hati? ya.. tidak dihukumi talaq dong, krn talaq memang harus diucapkan, atau secara tertulis.
    semoga skrg masalahnya selesai. amiin
    tp ngomong2, klo mantannya itu jamaah, kok tega banget ya berbuat seperti itu..... harus ada yg menasehati dan mengingatkan bahwa tidak semua apa yg kita inginkan bisa kita miliki..apalagi berusaha dengan cara yg salah dan mengakibatkan dosa.

    0 0
  • masdodo
    12 years ago

    Betul kata mas Luthfi itu, kalau masih dalam hati ya belum jadi hukum. sebaiknya hilangkan was2 dan keraguan2 di hati (itu hembusan setan loh...), trus mengenai sms...ada baiknya istri suruh ganti nomor hp... dan selalu diberikan pengertian bahwa semua orang mempunyai masa lalu, yang penting sekarang akulah milikmu... smile smile

    0 0

News Categories